Kamis, 06 Maret 2014

Hindari 3 Kebiasaan Sepele Ini


Penting buat reader ketahui bahwa kita sering melakukan hal-hal ini dalam kehidupan sehari-hari kita, bahkan writer juga sering melakukannya :D. Hal-hal yang menurut kita kalau dilakukan terasa nikmat, enak, atau lain-lain. Tetapi, dibalik itu semua, ternyata ada bahaya tersendiri yang perlu kita ketahui.
Penasaran apa aja itu? Yuk disimak...



Hal yang pertama adalah Mengucek Mata

Nah ini yang yang suka writer lakukan kalau lagi kelilipan debu, karena kalo menurut writer, kalo ga digaruk malahan gatel terus. Tapi ternyata ada seorang peneliti yang meniliti tentang bahaya mengucek mata. Menurut Charles McMonnies dari University of New South mengenai kelopak mata bisa meningkatkan tekanan pada mata. Sentuhan ringan pada kelopak mata memang hanya memberikan sedikit tekanan, tetapi jika sentuhan cukup kuat bisa memicu tekanan 3 hingga 5 kali dari tekanan normal. Hati-hati jika kebiasaan ini sering dilakukan bisa memicu glaukoma atau KEBUTAAN.
Wihh serem ya reader setelah mengetahui akibatnya, padahal dari mengucek mata aja, tapi akibatnya.... BUTA reader sekalian.


Hal yang kedua adalah Menggemeretakkan leher dan tangan

Ini juga writer suka lakukan, bukan yang leher, tapi yang tangan. Kalo yang leher, writer sendiri ngilu ngeliatnya juga. Abisnya kalo kita lagi pegel, terus tangan kita dibunyiin alias sampe bunyi "kretek-kretek" rasanya juga enak. Nah, boleh melakukan ini, tetapi jangan sering-sering ya reader. Pasalnya, ketika membunyikan leher, reader juga ikut merengangkan jaringan ikat persendian yang berfungsi mendukung dan menstabilkan persendian leher. Hal ini beresiko membuat persendian kehilangan kelenturan alaminya. Menurut sebuah studi yang dipublikasikan dalam Journal of Manipulative and Physiological Therapeutics, kebiasaan membunyikan jari tangan juga memicu kerusakan persendian. Studi ini memang tak menemukan hubungan antara membunyikan persendian dan radang sendi, tetapi kebiasaan ini mengakibatkan kerusakan lain, termasuk kerusakan jaringan lunak hingga kapsul persendian yang mengakibatkan melemahnya daya cengkram.
Jadi kalau dilakukannya jarang-jarang atau sesekali gapapa reader, tapi kalo keseringan dan terjadi sesuatu yang tidak di inginkan.... Segera hubungi dokter.


Hal yang ketiga adalah Makan Minum Sambil Berdiri

Waduh yang ini gimana reader? Kan banyak acara pernikahan yang masih pake "Standing Party". Untungnya writer udah jarang makan dan minum sambil berdiri. Karena sunnah Rasul juga mengajarkan kita makan dan minum tidak boleh sambil berdiri. Kebiasaan ini bisa mengakibatkan gangguan asam lambung, loh kok bisa?. Jadi begini, ketika asam lambung naik ke salura esophagus, hal ini akan mengakibatkan sel-sel kerongkongan teriritasi. Iritasi ini diakibatkan pH asam lambung yang sangat asam dan terkadang ditandai dengan gejala panas terbakar yang menyesak dada atau biasa disebut "Heartburn". Cara mencegah gangguan asam lambung ini adalah dengan makan sambil duduk. Selain itu, sebaiknya kita menghindari kebiasaan makan dan minum hingga kekenyangan. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah mengubah kebiasaan langsung tidur atau berbaring setelah makan.


Tuh gimana reader? Masih mau melakukan hal diatas? Ya minimal kita kurangi dan jangan dijadikan kebiasaan. Semoga setelah melihat post ini, writer berharap reader mengurangi kebiasaan ini, begitupun juga kepada writer.


Sumber : KOMPAS, Selasa 3 Maret 2014

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar