Selasa, 04 Maret 2014

5 Tips untuk Tetap Fokus dan Membuang Gangguan Saat Belajar



Writer ingin menshare kepada reader semua dari apa yang writer baca, yaitu tentang cara agar tetap fokus dan menghilangkan gangguan.
Reader semua pasti pernah kan, kalau kita sedang belajar atau sedang mengerjakan sesuatu yang tidak ingin diganggu tetapi bukan malah fokus yang didapat, melainkan gangguan-gangguan eksternal yang kita dapat.
Kali ini writer akan menshare bagaimana cara atau tips untuk tetap fokus, ada 5 cara lohh....



Langsung saja kita lihat bagaimana cara untuk tetap fokus :

1. Tutup Pintu Yang Rapat

Yang pertama kita lakukan adalah menutup pintu yang rapat, kenapa harus menutup pintu yang rapat? Karena dengan menutup pintu yang rapat, kita tidak bisa mendengar suara yang ada diluar kamar kita seperti suara TV yang sedang menyala, suara keluarga kita yang sedang berinteraksi, dan lain-lain

2. Bulatkan Niat

Kerjaan kalau tidak ada niat buat apa? Ya, kalau kita sudah niat untuk benar-benar mengerjakan hal yang kita inginkan, kita jelas harus niat terlebih dahulu. Niat ini untuk meluruskan jalan kita untuk belajar.

3. Simpan Barang yang Tidak Perlu

Ini point penting juga untuk diperhatikan, jikalau kita sedang belajar, tetapi ada barang yang tidak perlu seperti HP, Laptop, dan lain-lain pasti kemungkinan besar kita (terkadang writer juga :D) malah melirik kesitu dan sampai keasikan memainkan barang-barang sekitar. Jadi sebaiknya, sebelum kita memulai belajar, ada baiknya simpan barang elektronik terlebih dahulu.

4. Selingkan dengan Istirahat

Apabila kita sudah belajar dengan keras sampai berjam-jam, selingkanlah dengan istirahat 15-30 menit. Karena kalau kita tidak istirahat sebentar, bisa-bisa apa yang kita pelajari terbuang sia-sia karena tidak diselingkan dengan istirahat, tapi ini menurut pengalaman writer sendiri. Kalau menurut riset, belajar 1 jam diselingkan 15-20 menit, agar otak kita tidak penat dan setelah itu bisa segar kembali lalu mulai belajar. Ini point yang menurut writer lumayan sulit, karena writer sendiri pernah ketiduran saat belajar :D

5. Lakukanlah!

Reader udah baca tuh poin-poin yang ada diatas, mungkin beberapa dari reader sudah semangat dan sudah niat. Tetapi, kalau niat dan semangat aja belum cukup untuk itu, yang lebih penting dari semua poin adalah yang terakhir. Lakukanlah!

"Semua akan terbuang percuma kalau kita hanya niat tetapi tidak melakukan"
-Salman Cakra Wijaya-

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar